Inilah Yang Bisa Dilakukan oleh Dual Kamera HTC One M8

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 12 Juli 2014


Salah satu fitur baru yang tidak biasa dari HTC One M8 adalah fasilitas dual kamera. Mungkin Anda juga baru mendengarnya saat ini bukan? Ya, HTC membekali One M8 dengan dual kamera di bagian belakang bodynya. Kamera yang berukuran besar berfungsi untuk menangkap gambar seperti biasa, sedangkan kamera satunya yang berukuran lebih kecil berfungsi untuk menangkap kedalaman (depth).

Inilah Yang Bisa Dilakukan oleh Dual Kamera HTC One M8

Hal ini membuat kamera HTC One M8 dapat mendeteksi kedalaman atau jauh dekatnya suatu objek pada foto yang diambil. Kemampuan ini memungkinkan Anda untuk selanjutnya bermain-main dengan fokus melalui beberapa cara yang cukup menarik.

Lalu, hal-hal apa saja yang bisa kita lakukan dengan fasilitas dual kamera ini? Artikel berikut akan memberi Anda beberapa infonya, seperti yang dilansir dari blogs.computerworld.com.


Ketika Anda membuka foto yang ada dalam galeri app HTC lalu menekan perintah edit, Anda akan menemukan sebuah pilihan bernama "Effects". Pilihan Effects ini hanya akan muncul pada foto yang diambil menggunakan dual  kamera HTC dan tidak akan Anda temuka pada foto yang berasal dari sumber lain atau pun yang sudah diedit. Hal ini karena fitur Effects memerlukan ekstra depth-of-field data untuk dapat bekerja.

Pilihan pertama adalah yang paling sederhana, disebut UFocus, yaitu versi efek fotografi yang dikenal juga dengan sebutan bokeh, di mana Anda dapat memilih satu titik fokus dan membuat segala sesuatu di belakangnya menjadi blur. (blur = efek gambar yang kabur)

Sebagai contoh, Anda bisa melihat foto di bawah ini. Ini adalah gambar asli yang diambil dengan HTC One M8, sebelum dimodifikasi:

Dan inilah gambar yang dihasilkan setelah menerapkan UFocus, yang secara otomatis mengaburkan objek yang ada di belakang laki-laki yang ada di foto.


Anda dapat menyentuh bagian mana saja pada gambar untuk mengubah titik fokus.


Beberapa efek yang lebih menarik berada di bawah sebuah opsi bernama "Foregrounder". Yang pertama, yaitu "Sketch," dimana kita dapat menerapkan efek sketsa pada semua objek yang berada di belakang subjek yang Anda tentukan, namun tetap dengan fokus yang biasa.


Selanjutnya, ada pula efek "Zoom Blur," yang membuat segalanya di belakang subjek Anda terlihat seperti itu zoom out ke kejauhan.

Ada pula efek "Cartoon" yang membuat seluruh latar belakang foto terlihat seperti diwarnai dengan tangan, sementara subjek tetap berada di fokus normal penuh. Dan semua efek ini dapat Anda munculkan dalam beberapa detik saja.

Efek "Foregrounder" Yang terakhir adalah "Colorize", yang dapat memberi efek pewarnaa artifisial pada latar belakang foto Anda.


Anda juga dapat memberi efek bergerak seperti video pada foto yang Anda ambil. Contohnya, adalah efek kelopak bunga mawar yang jatuh, daun, dandelion, maupun salju. Contohnya dapat dilihat pada video di bawah ini:

Ada pula efek "Dimension",di mana Anda dapat memiringkan ponsel Anda untuk mengubah perspektif dan membuat foto terlihat seperti diambil dari sudut yang berbeda.


Nah, itu tadi bebrapa hal yang bisa Anda lakukan menggunakan fasilitas Dual Kamera yang ada pada smartphone HTC One M8. Dan mungkin saja masih banyak lagi hal-hal yang bisa Anda coba sendiri jika memiliki smartphone besutan HTC ini.

Sumber: blogs.computerworld.com

{ 1 komentar... read them below or add one }

Unknown mengatakan...

Foto yg diambil memakai kamera iPhone tidak bisa di edit share
Ini Penyebabnya

Posting Komentar