Ini Dia Kelebihan dan Kekurangan HTC One M8

Diposting oleh Unknown on Jumat, 11 Juli 2014


HTC One M8 telah diluncurkan untuk mengisi jajaran produk smartphone kelas premium HTC. Berbagai inovasi teknologi dan perbaikan diberikan HTC melalui produk barunya ini. Hadir dengan body alumunium yang terlihat elegan dan futuristik, smartphone ini juga dibekali dengan spesifikasi dan performa yang cukup mengagumkan.

Untuk Anda yang bertanya-tanya seperti apa spesifikasi HTC One M8 ini, bisa dilihat melalui link di bawah ini:
Spesifikasi Lengkap HTC One M8

Sedangkan pada artikel ini, akan kita lihat apa saja kelebihan dan kekurangan yang dimiliki smartphone besutan HTC ini.

Kelebihan HTC One M8

1. Desain Keren, Bahan Body Alumunium
HTC One M8 memiliki desain body sudut membulat, dengan layar sebesar 5.0 inci yang menawarkan resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels. Bezel smartphone ini cukup tipis, sehingga terkesan layarnya memenuhi seluruh bagian depan body. Ini membuat desain bodynya terlihat elegan dan futuristik. Sekitar 90 persen body yang membalut HTC terbuat dari bahan alumunium dan memiliki tekstur matte. Jika Anda berada dalam ruangan ber-AC, HTC One M8 akan terasa dingin akibat material body yang digunakannya. Bahan alumunium ini juga membuat smartphone ini terasa kokoh dalam genggaman.

Sekitar 90 persen tubuh One M8 dibalut oleh material alumunium dengan tekstur matte. Material ini membuat One M8 terasa dingin saat berada di ruangan ber-AC. Material ini juga membuatnya terlihat kokoh saat berada dalam genggaman.

 Oik Yusuf/Kompas.com
 Oik Yusuf/Kompas.com

2. Layar Besar dan Tajam
HTC One Mu8 dibekali dengan layar sebesar 5.0 inci. Layar ini menggunakan teknologi Super LCD3 dan memiliki resolusi Full HD 1080 x 1920 pixels serta kepadatan pixel 441 ppi. Dengan sepsifikasi seperti ini, tentu saja layar ini menawarkan kualitas tampilan yang jernih dan tajam. Selain itu, HTC juga menyematkan pelindung layar Gorilla Glass 3 dan antarmuka HTC Sense UI v6 yang sudah diperbaharui.

Oik Yusuf/Kompas.com

3. Performa Memuaskan
Berbekal prosesor dari Qualcomm, yaitu Snapdragon 801, RAM 2 GB, GPU Adreno 330, serta sistem operasi Android v4.4.2 KitKat, HTC One M8 pastinya menawarkan performa yang mantap dan tidak perlu diragukan lagi. Anda dapat menggunakan smartphone ini untuk menonton video beresolusi tinggi maupun bermain berbagai game berat dengan lancar, mulus tanpa hambatan.

Agar lebih jelas, berikut penulis sajikan data benchmark ketika HTC One M8 diuji menggunakan aplikasi Quadrant dan Antutu. Pada pengujian dengan Quadrant, One M8 mendapatkan skor 25506, sedangkan pada pengujian Antutu, skornya adalah 37425.

4. Kualitas Suara Speakernya Jenih dan Lantang
HTC Mendesain sisi atas dan bawah body One M8 lebih lebar untuk mengakomodasi dua buah unit speaker yang dibekali dengan teknologi BoomSound. Penempatan speaker ini bertujuan agar terdapat jarak untuk menempatkan speaker stereo yang lebih memadai.

Hasil dari penempatan speaker yang baik serta teknologi BoomSound yang diusungnya membuat speaker HTC One M8 mampu menghasilkan kualitas audio yang lantang dan jernih. Meskipun dentuman bass yang keluar sendiri kurang menghentak karena terbatasnya ukuran speaker pada smartphone, namun speaker ini pas digunakan saat melakukan video streaming pada posisi landscape.

Oik Yusuf/Kompas.com

5. Dual Kamera Belakang memiliki kemampuan yang sangat baik, bahkan dalam pencahayaan kurang
Dua buah kamera belakang serta dua buah lampu LED flash yang masing-masing berwarna kuning dan putih pada HTC One M8 mampu menghasilkan kualitas foto dan video yang sangat baik.
Oik Yusuf/Kompas.com

Meski kamera belakang HTC One M8 hanya memiliki resolusi 4 MP, namun sudah mengusung teknologi Ultra Pixel, dimana ukuran pixelnya lebih besar dari kamera smartphone pada umumnya, sehingga mampu menangkap cahaya lebih banyak dan menghasilkan gambar yang lebih tajam dan kaya warna. Dua buah kamera belakang juga memiliki fungsi tersendiri. Kamera atas yang lebih kecil berfungsi untuk mengambil kedalaman (Depth), sedangkan kamera bawah yang lebih besar berfungsi untuk mengambil kelebaran (Width).

Kamera depan pun tersedia dengan resolusi 5 MP dan memiliki sudut pandang yang lebar.

Berikut beberapa contoh hasil foto kamera HTC One M8: (Sumber: Kompas.com)

A. Luar Ruangan, Siang Hari




B. Dalam Ruangan



6. Tersedia slot kartu microSD
Kebanyakan smartphone kelas premium tidak menyediakan slot memori eksternal dan hanya mengandalkan memori internal saja. Namun, tidak bagi HTC One M8 karena smartphone ini menyediakan slot kartu microSD yang mampu diisi hingga kapasitas 128 GB.

Kekurangan HTC One M8

1. Baterai Yang Cukup Boros
Baterai yang boros memang menjadi masalah umum bagi semua smartphone saat ini. Teknologi tinggi dengan "otak" yang semakin powerfull dan mampu menangani banyak fungsi membuat daya yang disedot juga semakin rakus. Meski HTC sudah mmebekali One M8 dengan baterai Li-Po berkapasitas 2600 mAh, namun sepertinya masih belum cukup kuat untuk membuatnya "tahan lama". Otomatis, powerbank menjadi solusi andalan bagi banyak orang.

Namun, One M8 juga menyediakan fitur Power Saver yang akan sangat berguna saat baterai dalam keadaan sekarat. Fitur ini akan menonaktifkan semua fungsi smartphone, kecuali SMS, telepon, serta malakukan refresh email secara manual.

2. Kamera memiliki kekurangan "efek warna ungu"
Kamera HTC One M8 ternyata juga memiliki kekurangan berupa efek warna ungu atau yang disebut juga purple fringing pada objek yang terkena kontras tinggi. Berikut bebepa contoh foto yang terkena efek warna ungu: (Sumber: Kompas.com)



Untuk mengatasi warna ungu yang tidak diharapkan, dapat dilakukan dengan cara menghindari objek yang terkena efek kontras yang tinggi atau jika sudah terlanjut, bisa diedit di Photoshop maupun software pengolah foto lainnya.

3. Tidak bisa memilih saluran penyedia konten secara bebas di BlinkFeed
BlinkFeed merupakan salah satu fitur andalan HTC One M8, dimana fitur ini memungkinkan Anda untuk membaca berita dari berbagai sumber yang dapat disesuaikan serta menampilkan info-info terkini yang bersumber dari media sosial. BlinkFeed terletak pada layar utama paling kiri. Tampilannya sendiri mirip dengan tampilan Live Tiles kotak-kotak di Windows Phone.

Sayangnya, BlinkFeed memiliki kekurangan, yaitu kita hanya bisa memilih sumber-sumber berita yang sudah memiliki kerjasama dengan HTC saja. Sehingga kita tidak bisa menambahkan sumber-sumber lain seenaknya, seperti RSS feed dari blog dan lain-lain, seperti yang terdapat pada aplikasi Flipboard.

4. Desain dan Struktur Keyboard virtual terlalu heboh
Keyboard virtual jelas sangat penting di era smartphone tanpa tombol fisik seperti sekarang ini untuk menulis SMS dan berbagai teks lainnya. Namun, desain dan struktur keyboard virtual pada HTC One M8 rasanya terlalu "heboh".

Hal ini karena HTC mendesain keyboard virtual ini terlalu rapat dan memiliki ukuran kecil. Selain itu, tombol-tombol tersebut juga dibubuhi dengan karakter atau ikon yang dapat mengganggu pemandangan. Tombol spasi yang biasanya terletak ditengah juga tidak berlaku di HTC One M8. Terkadang terjadi kesalahan saat ingin menekan tombol spasi, justru yang tertekan adalah tombol Home atau garis miring.

Jika Anda juga kurang suka dengan keyboard virtual bawaan HTC One M8, sebagai solusinya Anda dapat menginstall aplikasi keyboard SwiftKey atau aplikasi lain yang sejenis. Anda bisa mencarinya di Google Play Store.

Nah, itu dia tadi artikel yang membahas Kelebihan dan Kekurangan HTC One M8. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk Anda, khususnya bagi yang ingin memiliki dan sudah berniat membeli smartphone ini.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar