Apa itu DFU Mode? Bagamana Cara masuk dan keluar DFU mode?

Diposting oleh Unknown on Minggu, 28 April 2013


Untuk para pengguna sistem operasi iOS, DFU mode merupakan suatu hal yang penting dalam proses Jailbreak maupun restore file IPSW. Hampir semua metode jailbreak yang ada akan membutuhkan DFU mode dalam prosesnya, seperti jika memakai Redsn0w dan Sn0w Breez, kecuali menggunakan Absinthe dimana Anda tidak perlu memasuki DFU Mode. Ok, untuk Anda yang belum seberapa paham tentang DFU mode ini, mari kita bahas bersama-sama.

Apa itu DFU Mode? Bagaimana Cara Masuk dan Keluarnya?

Cara memasuki DFU mode pada perangkat iOS Anda (iPhone, iPad, iPod)

Sebelumnya kita harus tahu dulu apa yang dimaksud dengan DFU mode. DFU sebenarnya adalah singkatan dari Device Firmware Upgrade, dimana pada kondisi ini, perangkat iOS/ iDevice tidak atau belum memuat sistem operasi yang ada di dalamnya (termasuk iBoot), namun dapat terhubung langsung ke iTunes. iDevice yang masuk ke mode DFU layarnya akan mati dan tidak menampilkan apa-apa, namun perangkat itu sendiri sebenarnya tidak mati total. Dengan belum dimuatnya iBoot dan sistem operasi, maka kita bisa melakukan upgrade atau downgrade sesuka hati terhadap iDevice tersebut.

Lalu Bagaimana Caranya masuk ke DFU mode?
Untuk masuk ke DFU mode, langkah-langkahnya cukup mudah:
  1. Dalam keadaan hidup, hubungkan iDevice Anda (iPad, iPhone atau iPod) melalui kabel USB
  2. Buka aplikasi iTunes dan pastikan iDevice terdeteksi oleh iTunes
  3. Matikan iDevice Anda untuk mulai memasuki DFU mode
  4. Setelah mati, tekan kembali tombol power selama 3 detik hingga logo Apple muncul, namun jangan langsung melepas tombol powernya
  5. Dengan tetap menekan tombol power, tekan tombol Home selama kurang lebih 7-10 detik hingga ada kedipan di layar dan logo Apple hilang
  6. Lalu lepas tombol power namun tetap tekan tombol Home selama 10 - 15 detik hingga iDevice Anda terdeteksi di iTunes dalam recovery mode, seperti ditunjukkan pada gambar berikut:

  7. iTunes Recovery Mode

  8. Untuk melihat apakah Anda berhasil masuk ke DFU mode atau tidak, perhatikan gambar berikut:

  9. masuk ke DFU Mode

  10. Jika Anda berhasil, maka layar iDevice akan gelap total, namun jika muncul gambar iTunes dan USB berarti Anda gagal masuk ke DFU mode melainkan masuk ke Recovery mode.

Lalu Bagaimana cara keluar dari DFU mode?
Proses keluar dari DFU mode lebih mudah dari masuknya, Anda cukup menekan tombol Power dan Home secara bersamaan, lalu tahan hingga logo Apple muncul.